Saturday 4 July 2015

Bukan Ada Pada Caranya, Tapi Ada Pada Tujuannya

Standard
Semarah - marahnya orang tua saat menasihati kita, asalkan tujuannya baik dan benar, suatu saat nanti pasti kita akan bilang pada mereka "Terima kasih pak,bu. Kesuksesanku ini tak lepas dari doa dan nasihatmu"

Nasihat orang tua itu tulus dari dalam hati supaya anaknya menjadi orang yang lebih baik lagi. Jikalau memang saat orang tua menasihati kita dengan sedikit emosi, itu hanya cara mereka menyampaikannya saja yang kurang berkenan di hati kita sebagai anak. Mungkin kita sering tidak dapat menerima. Tapi, tujuan mereka sebenarnya hanya ingin anaknya menjadi lebih baik lagi. Karena mereka mempunyai tanggung jawab untuk mendidik,merawat,dan menasehati. Itu tanggung jawab dan nantinya akan dipertanggungjawabkan. Namun, ya itu tadi, hanya cara menyampaikannya saja yang kurang tepat. Atau mungkin bisa saja cara memandang kita yang salah, jadi ada kesalahpahaman saat orangtua menasihati kita dengan marah - marah,ngomel - ngomel,dll. Akan tetapi mengenai tujuan orang tua melakukan hal itu, benar adanya. Ingat ! tujuan mereka. Bukan cara mereka.



Karakter orang tua memang berbeda - beda. Kebanyakan anak terkadang juga belum siap untuk menerima sifat -sifat orang tua yang tidak mereka sukai. Sebagai anak yang sedang tumbuh dewasa, sudah seharusnya kita mengenali karakter orang tua kita. Apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai. Pastinya kita harus bisa memahami keadaan seperti itu. Karena jika kita tidak bisa paham dengan tujuan orang tua yang sebenarnya atau malah membalas dengan serangan, justru malah sebenarnya serangan itu akan kembali tertuju pada kita sendiri.



2 comments: