Friday 26 June 2015

Teliti, Transfer via ATM BNI

Standard
Awal cerita, kemarin saya disuruh bapak untuk melakukan transfer uang. Akan tetapi, ada yang membuat saya kurang teliti saat itu. Sebenernya transfer telah selesai dan berhasil. Struk keluar dengan selamat lalu saya ambil dan membaca sekilas nominalnya. Terus pulang. Sampai rumah, struknya saya baca lagi. Ternyata, itu struk penarikan bukan struk transfer. Jadi, itu bukan struk saya, melainkan orang lain. Dari hal tersebut, sebenernya tadi ada struk yang keluar setelah struk pertama yang saya ambil, tapi struk yang kedua itu keluar hanya sampai di perbatasan mulut mesin saja, jadi saya susah ngambilnya. Nah, kebetulan struk yang pertama itu nominalnya mirip dengan nominal jumlah uang yang saya transfer. Yaudah, langsung bawa pulang aja itu struk yang pertama.  Nggak mikirin struk kedua, karena susah diambil. Sampai rumah baru mikir "mungkin tadi struk yang kedua itu milik saya" . Kok ya tadi ga minta bantuan Pak Satpam yang ada di deket bank situ buat ngambil struk   -_-. Yaudah , buat pelajaran aja. Besok harus lebih teliti lagi!
Kalau semisal nggak dapet struk, untuk tanda buktinya nanti, foto aja yang ada di buku rekening. Tapi ya harus mampir bank dulu buat nyetak transaksi terakhir.

Ini sekedar TIPS aja kalau lagi transfer via ATM BNI 
1. Sebelumnya, cek saldo anda sebelum menransfer.
2. Perhatikan nominal uang yang akan anda transfer dan no rekening. Jangan sampai salah memasukkan angka nominalnya. Jika salah memasukkan, tekan tombol "cancel" untuk membatalkan. 
2. Saat konfirmasi , perhatikan benar - benar siapa penerimanya dan nominal angka yang ditransfer. 
3. Cek kembali saldo anda, jika berkurang berarti transfer berhasil.
4. Jika transfer telah selesai, nantinya akan keluar struk dari mesin ATM. Cek apakah struk tersebut benar milik anda atau milik orang yang sebelumnya memakai ATM. Karena saya pernah saat itu struk yang keluar bukan milik saya, tapi malah milik orang yang sebelumnya. 
Jika anda melakukan transaksi transfer, maka struk yang keluar tertera nama pengirim, nama penerima, dan jumlah uang yang ditransfer.
Tetapi, jika transaksi penarikan, maka struk tertera jumlah uang yang ditarik dan saldo anda setelah penarikan.
Jangan panik ya. Kalau semisal sedang ada di ATM deket bank dan disitu ada satpamnya, coba tanyain ke Pak Satpam. Biar nanti dibantuin.

Semoga bermanfaat... :)

3 comments: