Wednesday 22 April 2015

Tugas Animasi 2D dan 3D

Standard
Singkat aja. Ini saya mau upload tugas Bab Animasi . Jangan heran, ini biasa saja :D hahaha

1. Animasi Transformasi Pesawat
Saya mengambil ide cerita tentang sebuah transformasi pesawat menjadi mobil. Pertama , saya tampilkan proses menggambar background pemandangan terlebih dahulu, kemudian setelah selesai menggambar background pemandangan, saya tampilkan pesawat yang akan landing kemudian sampai di landasan saya ubah pesawat tersebut dengan mobil. Untuk mengubah pesawat tersebut menjadi mobil, saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop untuk memodifikasinya. Setelah semua gambar siap, selanjutnya import gambar – gambar tersebut secara urut dengan menggunakan software Movie Maker. Dalam pembuatan animasi ini, saya juga menyisipkan sound effect sebagai pelengkap dalam animasi. Kemudian, jika dirasa sudah dapat berjalan dengan baik, eksport project tersebut dalam format animasi.

Lihat video animasi


2. Animasi Menggambar dan Mewarnai Bunga Mawar 
Pertama saya siapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Kemudian , saya mulai untuk menggambar bunga mawar dengan pensil. Kemudian, setelah selesai menggambar, saya tambahkan warna pada bunga mawar yang saya gambar dengan pensil warna. Jika telah selesai memberikan warna, saya oleskan tisu yang telah dibasahi sedikit air. Step by step dari proses tersebut, jangan lupa untuk mengambil foto dari gambar. Kemudian, saya edit foto tersebut dengan Adobe Photoshop untuk lebih mendapatkan gambar yang berpencahayaan terang. Selanjutnya , untuk membuat animasi, saya menggunakan Movie Maker dan disana saya sisipkan sebuah lagu dari Nadya Fatira yang berjudul “Kata Hati”


3. Animasi Permainan Sepak Bola
Pembuatan animasi project ke 3 ini, saya menggunakan kertas lipat sebagai medianya.  Dengan kertas tersebut saya membuat bunga mawar, daun, dan bola. Setelah media animasi telah siap, selanjutnya saya eksekusi satu per satu dengan cara menggerakan media – media tersebut sehingga seolah olah menjadi pertandingan sepak bola yang dimainkan oleh bunga mawar kertas. Dalam animasi ini, saya sisipkan soundtrack lagu piala dunia yang berjudul “Give me Freedom, Give me Fire” yang dinyanyikan oleh K’naan. 
Kurang maksimal nih pembuatannya

Lihat video animasi :


4. Animasi Tulisan 
Dalam proses pembuatan Animasi Tulisan ini saya hanya mengubah posisi tulisan dan memperkecil serta memperbesar tulisan. Saya menambahkan waktu jeda tiap frame atau tiap perubahan posisi dan juga bentuk
Lihat video animasi :

0 comments:

Post a Comment