Data Rekaman I
a. Transkip
fonetis
No
|
Kosakata
|
Transkip fonetis
|
Keterangan
|
|
1
|
Jadi deh
|
[jadi]
|
[ḏ] apikoalveolar à [d]
apikodental
|
Hambat bersuara
|
2
|
Deh
|
[deh]
|
[ḏ] apikoalveolar à
[d] apikodental
|
Hambat bersuara
|
3
|
Kuning
|
[kuning]
|
[n] apikoalveolar à [ṉ]
apikodental
|
[ṉ]Nasal
[i] vokal depan, atas, tidak
bundar, tertutup
[u] vokal atas, bundar,tertutup
|
4
|
Warna
|
[waῆa]
|
[n] Apikodental à [ῆ]
mediopalatal
|
·
[ῆ] Nasal
·
[a] àvokal
belakang, bawah, terbuka
|
5
|
Warni
|
[waῆi]
|
[n] Apikodental à [ῆ]
mediopalatal
|
·
[ῆ] Nasal
|
6
|
Bis
|
[bIs]
|
[b] bilabial
[s] apikoalveolar
|
[b] à
hambat bersuara
[I] à
vokal depan, atas, bundar, tertutup
[s] à
frikatif tak bersuara
|
7
|
Wortel
|
[wotəl]
|
[r] à
tidak muncul
|
[r] bunyi tril belum dapat
dikuasai
|
8
|
Timun
|
[timun]
|
[t] apikodental
|
[i] vokal depan, atas, tidak
bundar, tertutup
|
9
|
Terbang
|
[tebang]
|
rà
tidak muncul
|
R tidak muncul karena masih
sulit untuk menggetarkan alat ucap yaitu apex
|
10
|
Terong
|
[tɛyong]
|
[r] Apikoalveolar à
[y] laminopalatal
|
·
[y] kontoid luncuran
|
b. Pemerolehan
bunyi
1) Vokal : [a], [i], [u],[e],[o]
2) Konsonan : [b], [d],[h],[k],[l],[m],[n],[p],[s],[t],[w]
3) Diftong : -
4) Kluster
: -
c. Distribusi
bunyi posisi
No
|
Fonetik
|
Posisi
|
Keterangan
|
||
Awal
|
Tengah
|
Akhir
|
|||
1
|
[b]
|
bis
|
|
|
Konsonan [b] onset suku pertama
pada kata bis , pengucapan [b] mempunyai
tekanan yang kuat. Dapat diucapkan dengan jelas
|
2
|
[d]
|
deh
|
|
|
Konsonan [d] onset suku pertama
pada kata deh, pengucapan [d]
mempunyai tekanan yang kuat namun, pengucapan bunyi [d] menggunakan
apikodental
|
3
|
[h]
|
|
|
deh
|
Konsonan [h] koda suku pertama
pada kata deh mempunyai tekanan
yang lemah karena berada di posisi koda.
|
4
|
[k]
|
kapal
kuning
|
|
|
Konsonan [k] onset suku pertama
pada kata kapal dan kuning mempunyai tekanan yang lemah.
(silabel -pal dan -ning lebih
kuat)
|
5
|
[l]
|
|
|
kapal
wortel
|
Konsonan [l] koda suku kedua
pada kata kapal dan wortel mempunyai tekanan yang lemah
karena berada pada posisi koda akhir
|
6
|
[m]
|
|
Timun
|
|
Konsonan [m] onset suku kedua
pada kata timun mempunyai tekanan
yang kuat
|
7
|
[n]
|
|
Kuning
|
Timun
|
-
Konsonan [n] onset suku kedua pada
kata kuning mempunyai tekanan yang
lebih kuat
-
Konsonan [n] koda suku kedua pada kata
timun mempunyai tekanan yang lemah
|
8
|
[p]
|
|
Kapal
|
|
Konsonan [p] onset suku kedua
pada kata kapal mempunyai tekanan
yang lebih kuat
|
9
|
[s]
|
|
|
Bis
|
Konsonan [s] koda suku pertama
pada kata bis mempunyai tekanan
yang lemah
|
10
|
[t]
|
Timun
terong
|
|
|
-
Konsonan [t] onset suku pertama pada
kata timun memiliki silabel ti-
yang lebih kuat karena diucapkan dengan keras dan panjang.
-
Konsonan [t] onset suku pertama pada
kata terong memiliki silabel te-
yang lebih lemah daripada silabel -rong
|
11
|
[w]
|
Wortel
Warna
|
|
|
-
Konsonan [w] onset suku pertama pada
kata wortel dan warna dengan silabel wor- dan
war- memiliki tekanan yang lebih kuat
|
12
|
[Ƞ]
|
|
|
terong
kuning
|
-
Konsonan [Ƞ] koda suku kedua pada kata
terong dan kuning memiliki tekanan yang lemah
|
13
|
[r]
|
|
Terong
Wortel
Warna
|
|
Konsonan [r] onset suku kedua
pada kata terong dengan silabel –rong memiliki tekanan yang lebih kuat
dan saat itu berubah menjadi bunyi [y]. Akan tetapi saat berada di posisi
koda suku pertama seperti pada wortel
dan warna pengucapannya menjadi lemah dan tidak muncul bunyi [r]
|
Data
Rekaman II
a. Transkip
fonetis
No
|
Kosakata
|
Transkip fonetis
|
Keterangan
|
|
1
|
Biru
|
[biyu]
|
[r] à
[y]
|
[r] getar à
[y] luncuran
|
2
|
Putih
|
[putih]
|
|
[i] vokal depan, atas, tidak
bundar, tertutup
|
3
|
Kandang
|
[kandaȠ]
|
[ḏ] apikoalveolar à [d]
apikodental
|
Hambat bersuara
|
4
|
Hijau
|
[hiʤaU]
|
|
[U] belakang, atas,bundar, tertutup, sudah
menguasai diftong
|
5
|
Mlayu
|
[mayu]
|
[mla] à ma
|
[u] belakang, atas,
bundar,tertutup
Belum menguasai kluster
|
6
|
Jerapah
|
[jəyapah]
|
[r] à
[y]
|
[r] getar à
[y] luncuran
|
7
|
Kuda
|
[kuda]
|
|
[u] belakang, atas,
bundar,tertutup
|
8
|
Ayam
|
[ayam]
|
|
[m] nasal
|
b. Pemerolehan
bunyi
1) Vokal : a,i,u,e
2) Konsonan : [b],[r],[p],[t],[h],[k],[n],[d], [Ƞ],[j],[y],[m],[l]
3) Diftong : [au]
4) Kluster
: [ml]
c. Distribusi
bunyi
No
|
Fonetik
|
Posisi
|
|||
Awal
|
Tengah
|
Akhir
|
|
||
1
|
[b]
|
Biru
|
|
|
Konsonan [b] onset suku pertama
kata biru mempunyai tekanan yang
lebih kuat
|
2
|
[d]
|
|
Kandang
Kuda
|
|
[d] pada kan-dang dan kuda-da
adalah onset suku pertama
|
3
|
[h]
|
Hijau
|
|
Putih
jerapah
|
[h] pada hi-jau adalah onset pertama suku pertama, pada pu-tih merupakan koda suku kedua,serta
pada je-ra-pah merupakan koda suku
ketiga
|
4
|
[J]
|
Jerapah
|
Hijau
|
|
[j] pada kata je-ra-pah
merupakan onset suku pertama , pada hi-jau merupakan onset suku kedua
|
5
|
[k]
|
Kandang
kuda
|
|
|
[k merupakan] onset suku
pertama
|
6
|
[l]
|
|
mlayu
|
|
[l] posisinya berada pada onset
suku pertama. bunyi [l] tidak muncul karena dia belum dapat mengucapkan bunyi
kluster
|
7
|
[m]
|
Mlayu
|
|
ayam
|
[m] pada kata mla-yu merupakan
onset suku pertama dan pada a-yam merupakan koda suku kedua.
|
8
|
[n]
|
|
Kandang
|
|
[n] merupakan koda suku pertama.
Dapat diucapkan dengan benar
|
9
|
[P]
|
putih
|
jerapah
|
|
[p] pada pu-tih merupakan onset
suku pertama, sedangnkan pada je-ra-pah merupakan onset suku ketiga
|
10
|
[r]
|
|
Jerapah
Biru
|
|
[r] merupakan onset suku kedua
|
11
|
[t]
|
|
putih
|
|
[t] merupakan onset suku kedua
|
12
|
[y]
|
|
Ayam
mlayu
|
|
[y] merupakan onset suku kedua
|
Kesimpulan
·
Anak tersebut juga
belum dapat menguasai bunyi kluster seperti pada kata mlayu. Pada kata mlayu bunyi yang keluar adalah [mayu]. Belum dapat
membunyikan bunyi [mla].
·
Bunyi yang belum
dikuasai adalah bunyi [r] yang anak tersebut malah mengucapkannya menjadi bunyi
[y]
·
Anak tersebut sudah
menguasai semua bunyi vokal a,i,u,e,o hanya saja karena terkadang tercampur
dengan logat Jawa sehingga “i” yang seharusnya berbunyi [i] menjadi berbunyi
[I]. Anak tersebut belum
dapat mengucapkan [r] dengan jelas. Terkadang [r] hilang begitu saja saat [r]
bertemu dengan konsonan seperti pada kata wortel yang diucapkan [wotəl]
0 comments:
Post a Comment