Wednesday 27 November 2019

Penelitian Pemerolehan Bunyi Bahasa pada Anak Usia Dini

Standard
Responden 1

Data Rekaman I       

a.       Transkip fonetis                           
No
Kosakata
Transkip fonetis
Keterangan

1
Jadi deh
[jadi]
[ḏ] apikoalveolar à [d] apikodental
Hambat bersuara
2
Deh
 [deh]
[ḏ] apikoalveolar à [d] apikodental
Hambat bersuara
3
 Kuning
[kuning]
[n] apikoalveolar à [ṉ] apikodental
[ṉ]Nasal
[i] vokal depan, atas, tidak bundar, tertutup
[u] vokal atas, bundar,tertutup
4
Warna 
[waῆa]
[n] Apikodental à [ῆ] mediopalatal
·         [ῆ] Nasal
·         [a] àvokal belakang, bawah, terbuka
5
Warni
[waῆi]
[n] Apikodental à [ῆ] mediopalatal
·         [ῆ] Nasal
6
Bis
[bIs]
[b] bilabial
[s] apikoalveolar
[b] à hambat bersuara
[I] à vokal depan, atas, bundar, tertutup
[s] à frikatif tak bersuara
7
Wortel
[wotəl]
[r] à tidak muncul
[r] bunyi tril belum dapat dikuasai
8
Timun
[timun]
[t] apikodental
[i] vokal depan, atas, tidak bundar, tertutup
9
Terbang
[tebang]
rà tidak muncul
R tidak muncul karena masih sulit untuk menggetarkan alat ucap yaitu apex
10
Terong
[tɛyong]
[r] Apikoalveolar à [y] laminopalatal
·         [y] kontoid luncuran
b.      Pemerolehan bunyi
1)      Vokal              : [a], [i], [u],[e],[o]
2)      Konsonan        : [b], [d],[h],[k],[l],[m],[n],[p],[s],[t],[w]
3)      Diftong                       : -
4)      Kluster                        : -
c.       Distribusi bunyi posisi

No
Fonetik
Posisi
Keterangan
Awal
Tengah
Akhir
1
[b]
bis



Konsonan [b] onset suku pertama pada kata bis , pengucapan [b] mempunyai tekanan yang kuat. Dapat diucapkan dengan jelas
2
[d]
deh


Konsonan [d] onset suku pertama pada kata deh, pengucapan [d] mempunyai tekanan yang kuat namun, pengucapan bunyi [d] menggunakan apikodental
3
[h]


deh
Konsonan [h] koda suku pertama pada kata deh mempunyai tekanan yang lemah karena berada di posisi koda.
4
[k]
kapal
kuning


Konsonan [k] onset suku pertama pada kata kapal dan kuning mempunyai tekanan yang lemah.
(silabel -pal dan -ning lebih kuat)
5
[l]


kapal
wortel
Konsonan [l] koda suku kedua pada kata kapal dan wortel mempunyai tekanan yang lemah karena berada pada posisi koda akhir
6
[m]

Timun

Konsonan [m] onset suku kedua pada kata timun mempunyai tekanan yang kuat
7
[n]

Kuning
Timun
-          Konsonan [n] onset suku kedua pada kata kuning mempunyai tekanan yang lebih kuat
-          Konsonan [n] koda suku kedua pada kata timun mempunyai tekanan yang lemah
8
[p]

Kapal

Konsonan [p] onset suku kedua pada kata kapal mempunyai tekanan yang lebih kuat
9
[s]


Bis
Konsonan [s] koda suku pertama pada kata bis mempunyai tekanan yang lemah
10
[t]
Timun
terong


-          Konsonan [t] onset suku pertama pada kata timun memiliki silabel ti- yang lebih kuat karena diucapkan dengan keras dan panjang.
-          Konsonan [t] onset suku pertama pada kata terong memiliki silabel te- yang lebih lemah daripada silabel -rong

11
[w]
Wortel
Warna


-          Konsonan [w] onset suku pertama pada kata wortel dan warna dengan silabel wor- dan war-  memiliki tekanan yang lebih kuat
12
[Ƞ]


terong
kuning
-          Konsonan [Ƞ] koda suku kedua pada kata terong dan kuning memiliki tekanan yang lemah
13
[r]

Terong
Wortel
Warna

Konsonan [r] onset suku kedua pada kata terong dengan silabel –rong memiliki tekanan yang lebih kuat dan saat itu berubah menjadi bunyi [y]. Akan tetapi saat berada di posisi koda suku pertama seperti pada wortel dan warna pengucapannya menjadi lemah dan tidak muncul bunyi [r]


            Data Rekaman II

a.       Transkip fonetis
No
Kosakata
Transkip fonetis
Keterangan
1
Biru
[biyu]
[r] à [y]
[r] getar à [y] luncuran
2
Putih
[putih]

[i] vokal depan, atas, tidak bundar, tertutup

3
Kandang
[kandaȠ]
[ḏ] apikoalveolar à [d] apikodental
Hambat bersuara
4
Hijau
[hiʤaU]

 [U] belakang, atas,bundar, tertutup, sudah menguasai diftong
5
Mlayu
[mayu]
[mla] à ma
[u] belakang, atas, bundar,tertutup
Belum menguasai kluster
6
Jerapah
[jəyapah]
[r] à [y]
[r] getar à [y] luncuran
7
Kuda
[kuda]

[u] belakang, atas, bundar,tertutup
8
Ayam
[ayam]

[m] nasal
b.      Pemerolehan bunyi
1)      Vokal               : a,i,u,e
2)      Konsonan        : [b],[r],[p],[t],[h],[k],[n],[d], [Ƞ],[j],[y],[m],[l]
3)      Diftong                        : [au]
4)      Kluster                         : [ml]
c.       Distribusi bunyi
No
Fonetik
Posisi
Awal
Tengah
Akhir

1
[b]
Biru


Konsonan [b] onset suku pertama kata biru mempunyai tekanan yang lebih kuat
2
[d]

Kandang
Kuda

[d] pada kan-dang dan kuda-da adalah onset suku pertama
3
[h]
Hijau

Putih
jerapah
[h] pada hi-jau adalah onset pertama suku pertama, pada pu-tih merupakan koda suku kedua,serta pada je-ra-pah merupakan koda suku ketiga
4
[J]
Jerapah
Hijau

[j] pada kata je-ra-pah merupakan onset suku pertama , pada hi-jau merupakan onset suku kedua
5
[k]
Kandang
kuda


[k merupakan] onset suku pertama  
6
[l]

mlayu

[l] posisinya berada pada onset suku pertama. bunyi [l] tidak muncul karena dia belum dapat mengucapkan bunyi kluster
7
[m]
Mlayu

ayam
[m] pada kata mla-yu merupakan onset suku pertama dan pada a-yam merupakan koda suku kedua.
8
[n]

Kandang

[n] merupakan koda suku pertama. Dapat diucapkan dengan benar
9
[P]
putih
jerapah

[p] pada pu-tih merupakan onset suku pertama, sedangnkan pada je-ra-pah merupakan onset suku ketiga
10
[r]

Jerapah
Biru

[r] merupakan onset suku kedua
11
[t]

putih         

[t] merupakan onset suku kedua
12
 [y]

Ayam
mlayu

[y] merupakan onset suku kedua

Kesimpulan

·         Anak tersebut juga belum dapat menguasai bunyi kluster seperti pada kata mlayu. Pada kata mlayu bunyi yang keluar adalah [mayu]. Belum dapat membunyikan bunyi [mla].
·         Bunyi yang belum dikuasai adalah bunyi [r] yang anak tersebut malah mengucapkannya menjadi bunyi [y]
·         Anak tersebut sudah menguasai semua bunyi vokal a,i,u,e,o hanya saja karena terkadang tercampur dengan logat Jawa sehingga “i” yang seharusnya berbunyi [i] menjadi berbunyi [I]. Anak tersebut belum dapat mengucapkan [r] dengan jelas. Terkadang [r] hilang begitu saja saat [r] bertemu dengan konsonan seperti pada kata wortel yang diucapkan [wotəl]

0 comments:

Post a Comment