Saturday, 26 October 2019

Jenis Penulisan Kutipan

Standard

Kelompok 6
1.      Laily Rizki Khikmawati 15201244018
2.      Noviyanti Siwi Handayani 15201244023
3.      One Khusnawati Yuanda 16201241053

Jenis Kutipan
A.    Kutipan Langsung
1.      Kutipan langsung pendek
-          diintegrasikan langsung dengan teks,
-          diapit dengan tanda kutip
-          Disebut sumber kutipan
Contoh :
 Menurut Waluyo (2013: 152), “ Tokoh adalah lakon yang sangat sentimental dalam sebuah pertunjukkan.”
2.      Kutipan langsung panjang
 -    diberi jarak rapat antar baris dalam kutipan
 -    disebut sumber kutipan dan tidak diapit tanda petik
Contoh :
           
Tulisan ilmiah adalah tulisan yang didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu. Tulisan disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang berbahasa santun dan memiliki isi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya (Ekosusilo, 2014: 5).
           
B.     Kutipan tidak langsung
Kutipan yang sudah mengalami perubahan pada bahasanya tanpa mengubah makna aslinya.
1.       Kutipan tidak langsung panjang
Contoh :
Daya ingat informasi dari penggunaan multimeldia interaktif lebih awet dengan menggunakan metode memperdengarkan dan mempertunjukkan. Wahono (2006: 53), Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menyatakan hasil penelitiannya sebagai berikut :
Melalui multimedia, daya serap peserta didik lebih tinggi sekitar 30-80 %. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian, jika pengajar menggunakan metode memperdengarkan, anak didik hanya mengunggkapkan kembali 70% apa yang didengarnya setelah 3 jam dan 10 % saja setelah 3 hari. Dengan menggunakan metode mempertunjukan, anak didik dapat mengungkapkan kembali 72% apa yang didengarnya setelah 3 jam dan 20% setelah tiga hari. Jika menggunakan gabungan kedua metode itu, anak didik dapat ungkapkan 85% yang diperolehnya setelah 3 jam dan 65% setelah 3 hari.
2.      Kutipan tidak langsung pendek
Contoh :
            Zainudin (1984: 76) menyatakan bahwa media pembelajaran menjadi salah satu unsur dalam bidang pengajaran yang sejajar dengan unsur-unsur pengajaran yang lain.

C.    Kutipan bersumber dari lisan
Cara menuliskan sumber kutipan yang bersumber pada lisan :
-          Sumber kutipan bisa disebutkan di awal dengan menyebutkan waktu, tempat, dan dalam peristiwa apa hal itu diucapkan.
-          Kutipan tersebut dipisahkan dari teks dengan jarak dua spasi;
-          Baris yang satu dengan yang lainnya berjarak satu spasi;
-          Kutipan boleh diapit atau tidak oleh tanda kutip;
-          Sumber kutipan bisa juga disebutkan di akhir dengan menyebutkan waktu, tempat, dan dalam peristiwa apa hal itu diucapkan.
Contoh :
Pada suatu hari yang cerah di bulan Agustus 1963, dihadapan sekitar 250,000 orang dari berbagai ras yang mengikuti demontrasi damai di Washington. D.C, Martin Luther King mengucapkan salah satu pidato paling inspiratif yang pernah diucapkan orang. Salam pidato yang diberi judul "I Have a Dream" itu King Amerika Serikat yang diimpikannya, yakni sebuah Negara dimana penduduk berkulit putih dan berkulit hitam memiliki kesetaraan dan hidup bersama dengan damai. Secara puitis, King mengatakan antara lain:
“I have a dream that one day on the red hills of Georgia, sons of former slaves and sons of former slave-owners will be able to sit down together at the table of brotherhood. I have a dream that one day even the state of Mississippi, sweltering with the heat of oppression, will be transformed into an oasis of freedom and justice. I have a dream that my four little children will one day live in a Nation where they will not be judged by the color of their skin but by the content of their character. … I have a dream that one day … right there in Alabama, little black boys and black girls will be able to join hands with little white boys and white girls as sisters and brothers. …



0 comments:

Post a Comment