Friday, 2 November 2018

Catatan Kuliah Penilaian Pembelajaran - Pertemuan 8

Standard
Mata kuliah : Penilaian Pembelajaran/ Pertemuan 6
Semester : 5
Tanggal : Senin, 8 Oktober 2018
Dosen : Prof. Burhan Nurgiyantoro


- Reliabilitas
Misal: Soal ujian yang dibuat harus konsisten, apabila diukur tidak berubah-ubah


Cara Estimasi Reliabilitas:
- Belah dua
- KR 20 & 21
- Reliabilitas Alpha Cronboach (paling popular)

Catatan:
Saat mengutip
Jangan menggunakan "menurut ...."
Seharusnya ----> Tuckman (Nurgiyantoro, 2016:30)

Catatan pembuatan makalah
Pada makalah tersebut seharusnya BAB II bukan ditulis pembahasan akan tetapi langsung pada judul yang akan kita bahas di sana. 
jadi ditulis 
BAB II Reliabilitas dalam Alat Penilaian
A. Hakikat
B. ...
C. ...

BAB II Pembahasan ditulis saat kita melakukan analisis.


Pertemuan 7

Mata kuliah : Penilaian Pembelajaran/ Pertemuan 7
Semester : 5
Tanggal : Senin, 15 Oktober 2018
Dosen : Prof. Burhan Nurgiyantoro


Analisis Butir Soal
Analisis butir soal berfungsi untuk mengestimasi, menafsirkan, memperkirakan butir-butir soal

  • Indeks kesulitan
  • Indeks daya beda
  • efektivitas distractor (misal untuk tahu opsi-opsi yang salah pada pilihan ganda ada yang memilih atau tidak)
- Soal yang dikaji dipertimbangkan validitasnya (buka halaman 25 buku Penelitian Pembelajaran)
- Teori pengukuran klasik: lebih simpel, lebih mudah (lebih lanjut baca buku Penelitian Pembelajaran  )

a) Analisis Tingkat Kesulitan Butir (Selanjutnya baca di buku)
(Item Difficulty, Item Facility) 
- Indeks Tingkat Kesulitan itu antara 0,00-1,00 . ITK 0,00 mengindikasikan bahwa soal itu sulit. ITk 1,00 mengindikasikan bahwa soal itu mudah.
Diluar range ITK 0,20-0,80 soal tersebut dinilai terlalu mudah atau terlalu sulit.
0,20-0,40 -> soal sulit (porsinya 20%)
0,41-0,60 -> soal sedang (porsinya 60%)
0,61-0,80 -> soal mudah (porsinya 20%)

Soal yang baik -> soal yang dirasa mudah berada bagian awal. Apabila soal sulit berada di bagian awal, kemampuan siswa untuk berpikir akan terkuras banyak di awal sehingga peluang kemampuan siswa untuk mengerjakan soal sampai pada bagian akhir hanya sedikit. 


b) Indeks Daya Beda (Item Discrimination)
Analisis ini digunakan untuk mengukur seberapa tinggi kekuatan butir soal untuk membedakan mana kelompok tinggi mana kelompok rendah.

Catatan:
- Instal aps Iteman

_________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________

Pertemuan 8

Mata kuliah : Penilaian Pembelajaran/ Pertemuan 8
Semester : 5
Tanggal : Senin, 22 Oktober 2018
Dosen : Prof. Burhan Nurgiyantoro

Pertemuan 9




Related Posts:

  • Kita itu saling melengkapi,bukankah begitu?Setiap orang punya kelebihan masing - masing. Bagi kamu yang biasa - biasa saja dalam akademik pasti merasa bahwa aku ini cuma manusia yang nggak pint… Read More
  • Bukankah Engkau Pelangi ?Aku tuangkan rona wajah mu dalam tulisan yang ku tulis setiap hari Indah mata yang berbinar ku selipkan dalam mimpi Lekuk pipi saat tersenyum menghias… Read More
  • Cahaya yang Kini RedupAku datang dalam kehidupan nyata Datang menghampiri dalam kesepian Pandangan itu seperti berada di dunia lain dan aku tak pernah tau apa yang ada di… Read More
  • Rindu AyahPerkataan yang keluar adalah wujud dari sebuah nasihat dan koreksi Tatapan mata serta raut wajah adalah isyarat kepatuhan Tangan yang membelai helai r… Read More
  • Kopi yang TerlupakanSaat itu aku ingin pergi Meninggalkan secangkir kopi pahit yang ada di meja persegi di depan mu Ingin aku buang saja kopi hitam itu Agar senyum mu kem… Read More

0 comments:

Post a Comment